Senin - Jumat 09.00-17.00
WhatsApp Image 2023-01-13 at 14.58.02.jpeg

5 Cara Merawat Tas Kulit Agar Tahan Lama


WhatsApp Image 2023-01-13 at 14.58.02.jpeg


Tas adalah barang yang sehari-hari dipakai untuk menemani aktivitasmu. Kini ada beragam material yang dipakai untuk membuat tas. Material kulit tak pernah lekang oleh waktu karena tas kulit memiliki kesan lebih mewah.

Jangan sampai tas kesayanganmu jadi cepat rusak, kali ini 9to9 akan memberikan tips untuk merawat tas kulit agar tahan lama dan seperti baru.

1.       Jauhkan Dari Paparan Sinar Matahari

Hal pertama yang harus Niners perhatikan adalah untuk menjauhkan tas kulit kesayanganmu dari paparan sinar matahari. Sebenarnya cara ini cukup tricky mengingat tas dan dompet merupakan barang yang digunakan untuk kegiatan outdoor maupun indoor. Niners tetap bisa kok menggunakannya siang hari di cuaca panas, namun usahakan untuk tidak terlalu lama.

Alasan tas kulit harus dijauhkan dari paparan sinar matahari karena bisa menyebabkan tampilannya menjadi kusam dan kering, sehingga mungkin saja kulit pada tasmu menjadi retak atau mengelupas.

2.       Bersihkan Secara Rutin

Selanjutnya, sebagaimana barang pada umumnya, tas dengan material kulit juga harus dibersihkan secara rutin. Niners bisa membersihkan tas bermaterial kulit setidaknya satu minggu sekali. Hal ini dilakukan agar debu yang menempel tidak menjadi noda yang mengeras di tas.

Caranya mudah, Niners hanya perlu menyiapkan kain microfiber dan air. Usapkan kain yang sudah diberi air sedikit secara lembut dan perlahan. Jika ada noda membandel Niners bisa menggunakan sedikit sabun untuk membantu mengangkat noda. Pastikan tas sudah kering saat akan disimpan ya!

3.       Oleskan Pelembap Khusus

Mungkin Niners sering mendengar bahwa tas bermaterial jangan dibiarkan lembap agar tidak berjamur. Hal itu benar, namun kelembapan tas kulit juga harus dijaga. Ini akan berpengaruh dengan elastisitas kulit sehingga tidak mudah kering, kaku, atau mengelupas.

Niners bisa menggunakan pelembap khusus untuk material kulit sebagai perawatannya. Memakai pelembap khusus ini bahkan bisa membantu kulit pada tasmu menjadi lebih fresh dan halus.

4.       Pakai Pillow Bag

Cara menyimpan tas bermaterial kulit juga harus diperhatikan lho, Niners. Hindari untuk menumpuk tas agar tidak saling menempel satu sama lain. Selain itu, bentuk dari tas milikmu akan berubah tidak seperti awal.

Agar bentuk tas tidak rusak, Niners bisa menggunakan pillow bag saat menyimpan tas. Kalau Niners tidak punya, pillow bag bisa diganti dengan bubble wrap.

5.       Simpan Di Dust Bag

Masih dengan cara penyimpanan tas kulit, setelah memasukkan pillow bag atau bubble wrap Niners juga perlu menyimpannya di dalam dust bag atau pouch. Hal ini dilakukan agar kulit pada tas tidak terkena debu yang menumpuk saat disimpan. Jangan lupa untuk sesekali dikeluarkan agar tidak lembap dan terkena udara.

Niners bisa menemukan banyak pilihan tas bermaterial kulit di www.9to9.co.id seperti Obermain Clutch Pria, Obermain Chest Bag, Obermain Austin Messenger Bag, dan lainnya. Pilihan tas bermaterial leather untuk wanita antara lain Hush Puppies Kimber Hobo, Hush Puppies Sheila Top Handle, Hush Puppies Goland Tote, dan lainnya.