Senin - Jumat 09.00-17.00
sepatu_thumbnail.JPG

Tips Merawat Sepatu Agar Awet dan Tahan Lama


sepatu_thumbnail.JPG


Setiap orang pasti ingin barang yang dimilikinya bisa awet dan tahan lama, apalagi sepatu yang akan menemani dalam setiap langkah. 9to9 punya beberapa tips yang bisa Niners aplikasikan di rumah agar sepatu yang kalian miliki bisa dipakai dalam jangka waktu lama.
1. Perhatikan Material Sepatu
Pertama Niners harus memperhatikan material atau bahan sepatu yang kalian miliki. Misalnya, Niners punya Obermain Sammi Fay x Usaflex yang punya material leather dan Hush Puppies Janine Super J yang bermaterial canvas. Berbeda material berbeda pula cara memperlakukan dan merawatnya.
2. Bersihkan Sesuai Material
Setelah mengetahui jenis material yang dimiliki sepatu, Niners bisa memutuskan bagiamana cara membersihkan material tersebut. Sepatu dengan material leather bisa dibersihkan dengan lap kering saja untuk menghilangkan kotoran. Apabila sepatu basah biarkan kering sendiri dan jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung.
Bagi pemiliki sepatu dengan material canvas, Niners bisa mencuci sepatu dengan sabun. Tapi, jangan langsung tuang sabun ke sepatu ya. Larutkan sabun di air kemudian bersihkan dengan sikat lembut. Keringkan sepatu dengan angin-angin saja ya!
3. Simpan Sepatu Dalam Keadaan Kering
Salah satu cara agar sepatumu awet adalah jangan menyimpannya dalam keadaan basah. Sepatu yang disimpan dalam keadaan basah akan cenderung lembap dan mempercepat pertumbuhan jamur. Saat sepatu basah, jemur atau keringkan terlebih dahulu sebelum disimpan. Niners bisa memanfaatkan hair dryer untuk mempercepat proses pengeringan.
4. Simpan di Rak Sepatu Terbuka
Tips selanjutnya, simpan sepatu yang sehari-hari kamu gunakan di rak terbuka. Walau sepatu sudah dalam keadaan kering, menyimpan di tempat tertutup akan membuatnya lebih cepat lembap. Ketika Niners menyimpan di rak terbuka, ini akan meminimalisir pertumbuhan jamur karena sirkulasi udara lebih optimal. Selain itu, jangan simpan sepatu di dalam box sepatu terlalu lama karena ini malah akan merusak kualitas sepatu.
5. Gunakan Sepatu Sesuai Aktivitas
Selain cara membersihkan dan penyimpanan, agar sepatu lebih awet Niners juga perlu memakai sepatu dengan benar sesuai dengan stylenya. Misalnya Maiza Hush Puppies sepatu flats bergaya casual yang cocok untuk feminin look. Sepatu ini memiliki sol yang lebih tipis dan grip yang tak sekuat sneakers, jadi jangan gunakan Maiza Hush Puppies untuk olahraga. Hush Puppies Liliana Calypso atau Playboy Jonnah akan lebih cocok untuk kamu gunakan berolahraga.
Nah, sekarang sudah tahu kan Niners bagaimana cara merawat sepatumu agar awet dan tahan lama? Jangan lupa untuk dipraktikan di rumah ya!